Teknologi

Perbedaan OPPO A53 dan OPPO A54

Perbedaan OPPO A53 dan OPPO A54

Bigwaterdinosaurfestival – Awal April 2021, OPPO kembali menghadirkan produk seri A terbarunya yakni OPPO A54. Perangkat A54 memiliki beberapa perubahan dibandingkan pendahulunya yang tidak lain adalah OPPO A53. Namun, OPPO A54 ternyata masih memiliki beberapa kesamaan dengan OPPO A53, di antaranya pengaturan kamera depan dan belakang.

Layaknya si kembar, kamera belakang kedua smartphone ini disandingkan dengan tiga sensor yang terdiri dari aperture 13 MP f/2.2 pada sensor lebar dan sepasang 2 MP dengan aperture f/2.4 untuk sensor kedalaman makro dan makro. Belum lagi kamera utama kedua smartphone ini dilengkapi dengan LED flash, HDR, dan fungsi panorama.

Begitu pula dengan kamera depan yang mengusung konfigurasi serasi, 16 MP dengan aperture f/2.0 dan dilengkapi dengan fungsi HDR. Baik OPPO A53 maupun OPPO A54 dianugerahi kemampuan merekam yang memiliki kualitas gambar dengan resolusi 1080px dan jumlah frame per detik mencapai 30fps.

Perbedaan OPPO A53 dan OPPO A54

Ambil napas dalam-dalam, ayo! Nah, setelah dicermati, kedua ponsel OPPO ini memiliki beberapa perbedaan di berbagai aspek seperti bodi, dapur pacu, memori, dan harga jual. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak pembahasan Cari Signal mengenai perbedaan OPPO A53 dan OPPO A54 berikut ini:

1. Diferensiasi Tipis pada Bodi dan Layar

Seperti yang kita ketahui, ciri-ciri smartphone masa kini dicirikan dengan casing yang besar dan layar yang besar. Hal ini tercermin pada OPPO A53 dan OPPO A54, namun keduanya didesain dengan cara yang berbeda. Dengan ketebalan 8.4mm yang sama, baik dari segi panjang dan lebar, keduanya saling mengikuti.

OPPO A53 yang berbobot 186 gram ini digarap dengan panjang bodi 163.9mm dan lebar 75.1mm. Sementara itu, OPPO A54 yang memiliki bobot 192 gram memiliki panjang bodi 163.6mm dan lebar 75.7mm. Kedua casing juga memiliki slot SIM ganda, port tipe USB 2.0, soket 3,5 mm, speaker, tombol daya, tombol daya, volume, dan pembaca sidik jari.

Kedua model A ini dibalut panel teknologi IPS LCD yang memiliki sudut pandang yang baik, layar tidak fokus dan menghemat daya baterai. Namun dari segi refresh rate, OPPO A53 masih lebih unggul dengan kecepatan mencapai 90Hz, dibandingkan OPPO A54 yang memiliki refresh rate hanya 60Hz.Semakin besar, semakin banyak perangkat yang bisa membuka konten dengan cepat.

Menggabungkan resolusi setara 720 x 1600 piksel dengan ketajaman layar 270 piksel per inci, OPPO A54 memiliki layar yang agak besar 6,51 inci dibandingkan OPPO A53 6,5 inci.

Namun, OPPO A53 mencapai rasio layar-ke-tubuh yang lebih besar yaitu 82,9%. Untuk OPPO A54, kerapatan pikselnya 82,6%, namun dilengkapi dengan fungsi Sunlight Screen, Moonlight Screen dan AI Smart Backlight.

Hal lain yang membedakan layar kedua smartphone ini adalah lapisan pelindungnya. Sayangnya OPPO A54 harus ikhlas karena tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung seperti OPPO A53 yang memiliki Corning Gorilla Glass 3. Dengan perlindungan tersebut, layar OPPO A53 3 kali lebih tahan lama dan memiliki ketahanan yang lebih baik setelah tergores.

2. Petarungan Teknologi SoC

Berbasis Android 10 dengan sistem antarmuka ColorOS 7.2, kedua ponsel OPPO ini menawarkan berbagai fitur seperti AI App Protection yang mempercepat pembukaan aplikasi 23,63% dan Smart Air Control yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat tanpa menyentuhnya. . Sementara itu, Smart Spy Prevention, Smart Rotation, dan Quick Return Bubble.

Alih-alih menggunakan nyali yang sama, OPPO A54 tampaknya ingin mencoba chipset yang berbeda dari penerusnya. Perangkat A54 memutuskan untuk bekerja sama dengan MediaTek MT6765 Helio P35 dengan proses 12 nanometer yang diproses oleh octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex-A53 dengan clock 2,35 GHz dan 4 core Cortex-A53 dengan clock hingga 1, 8 GHz. PowerVR GE8320 sebagai kartu grafis.

Sementara itu, OPPO A53 diuntungkan dari performa chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 11 nanometer. Prosesornya terdiri dari 4 Kryo 240 clock 1,8 GHz dan 4 Kryo 240 clock 1,6 GHz.Untuk memaksimalkan kualitas visual, OPPO A53 menggunakan Adreno 610 untuk pemrosesan grafis.

3. Suguhan Memori yang Kentara

Saat ini, banyak ponsel memiliki ruang penyimpanan besar yang disisipkan untuk membantu pengguna menyimpan banyak file dan menginstal aplikasi besar. Dalam hal ini, OPPO A53 menghadirkan ruang penyimpanan dalam berbagai kombinasi mulai dari 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 GB dengan teknologi UFS 2.1.

Sayangnya bagi calon pengguna yang ingin memboyong OPPO A54, perangkat ini hanya tersedia dalam satu pilihan ruang penyimpanan, yakni RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas penyimpanan OPPO A53 dan OPPO A54 dapat diperluas dengan microSDXC hingga 256 GB.

4. Penempatan Sensor Sidik Jari

Kedua produk OPPO ini memiliki jumlah sensor yang seimbang, termasuk akselerometer, sensor jarak, kompas, dan pembaca sidik jari. Seperti yang Anda ketahui, sensor kompas sangat berguna dalam mencari arah mata angin dan arah kiblat bagi seorang muslim.

Sementara Proximiti menawarkan keunggulan sebagai pelindung layar dari kontak yang tidak disengaja, misalnya saat Anda melakukan panggilan dan mendekatkan perangkat ke telinga, layar akan otomatis menjadi gelap. Akselerometer kemudian digunakan untuk mengukur kecepatan satu atau lebih objek.

Beralih ke pemindai sidik jari yang terutama digunakan untuk keamanan dan membuka kunci ponsel dari menu utama. Namun, OPPO A53 menempatkan sensor ini di bagian belakang casing sehingga tidak mengganggu penempatan layar. Sementara itu, OPPO A54 mengintegrasikan pemindai sidik jarinya di bagian tepi atau bezel, sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya.

5. Tawarkan warna dan harga

Sebelum Anda mengemas salah satu atau bahkan kedua ponsel OPPO ini, Anda harus mulai mencari tahu warna apa yang Anda inginkan. OPPO A53 tersedia dalam casing Fairy White, Electric Black, dan Fancy Blue. Sementara itu, OPPO A54 menawarkan varian warna yang terdiri dari Crystal Black dan Starry Blue.

Sebagai ponsel kelas menengah saat diluncurkan pada Agustus 2021, OPPO A53 dibanderol seharga Rs 2,49 crore untuk tipe RAM 4GB dan 64GB. siap dijual dengan harga Rp 2,39 juta per unit untuk model 64 GB dan RAM 4 GB.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru